SEBLAK CENGHAR MAKANAN UNIK INDONESIA

MAKAN SEBLAK  CENGHAR
 
SEBLAK  CENGHAR MAKANAN UNIK INDONESIA
Menurut survey “ CV  KATERING  SAGALA  AYA  : ) “  
orang Sunda punya kecenderungan menyukai cemilan berbahan dasar terigu, berbahan aci atau dicampur aci. Aci bahasa indonesianya apa ya ?,  wah malas buka kamus ah  :Dhih….   Pokoknya begitulah.  Jajanan berbahan aci dimulai trend entah sejak tahun kapan. Tapi yang jelas pernah terjadi moment menghebohkan ketika CIMOL  GORENG beraneka rasa, produk pedagang di depan  JOGJA SUPERMARKET  Buah Batu Bandung mampu menghasilkan omset higga jutaan perhari.  Subhanalloh.  Begitu info berita di koran-koran Bandung.

Seiring waktu,  mungkin selera berubah …
Muncul pedagang jajanan cemian berbahan aci yang membuat cilok basah.  Tak lama ada produk jajanan cilok goreng. Bahkan dalam minuman goyobod juga sekarang ada acinya, coba periksa.  Ada tahu balut, yaitu tahu dipotong-potong kecil lalu dilumuri terigu digoreng dan dibumbui.

Sekira tahun 2012 muncul cemilan bernama  SEBLAK. 
Lagi-lagi ada unsur aci,  bukankah kerupuk dibuat dari campuran aci ?.  Mayoritas pedagang seblak punya penyajian hampir mirip yaitu  KERUPUK  BASAH  ( umumnya berwarna oranye dan sudah direndam )  digoreng menggunakan bumbu  ( yang enak biasanya kalo ada aroma CIKUR  ).  Kerupuk basah itu bisa dipesan ORIGINAL KERUPUK ONLY  atau ditambah dengan telur. 

Ketika orang-orang suka seblak, tampaknya ada yang punya ide lebih keren.
Mereka menamakan katering jualannya SEBLAKCENGHAR.  Tampilannya jelas beda, lebih menarik !. Dalam 1 porsi mangkuk tidak hanya tersaji satu macam kerupuk tapi ada aneka kerupuk  ;   kerupuk bentuk siput berwarna putih,  kerupuk bentuk stik aneka warna, kerupuk kaleng berwarna putih  ---   selain itu ada tambahannya  ;  baso,  siomay kering  &  ceker ayam.  Nah yang menggugah selera mungkin kuahnya yang agak berwarna merah oranye, tentunya berasal dari cabe merah  ( seblak sebelumnya tidak berkuah ).  Level pedas bisa dipesan sesuai keinginan !,  whaaaahhhh itu yang menambah point kelebihan seblak cenghar, maklum mayoritas perempuan entah mengapa suka makanan yang pedas-pedas  :).  Hingga jadilah seblak cenghar digandrungi.  Walau hareudang para perempuan itu rela mengantri hanya untuk mendapatkan semangkuk seblak sebagai menu makan siang atow makan sore.  Ckckck … 

Menurutku proses memasak lama itu adalah kekurangan,  karena si mbak tidak merendam dulu kerupuknya, ntah mengapa  !.  Well …  but every one have different style to sell food...  ya okeylah   :D…

SEBLAK CENGHAR  mungkin bisa berpotensi menjadi favorit makanan perempuan di Bandung, namun sayang belum ada cabangnya.  Ntahlah apakah sekarang si mbak masih berjualan di sekitar Purnawarman ?.  Tapi pedagang seblak lainnya sekarang bertebaran, mudah dijumpai. Belakangan variasinya jadi makin banyak yaitu kornet, brokoli, tulang ayam  dll.

Inilah makanan khas yang baru muncul sekarang ini termasuk juga tersedia di kota Garut yang merupakan kota tujuan wisata. yang kaya akan makanan khas nya.

*****

Related product you might see:

Share this product :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : FB faza Jersey | Twitter | Teamplate
Copyright © 2011. SUTRA GARUT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by teamplate
Proudly powered by Blogger